Indonesia Harus Punya Listrik Yang Bersih


Sebagai salah satu negara yang berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam menghadapi perubahan iklim, Indonesia harus mulai beralih ke energi yang bersih, ramah lingkungan dan terbaharukan.

Masalah listrik di Indonesia, seperti: kekurangan pasokan listrik dan pemadaman bergilir, sedikit demi sedikit mulai dapat diatasi. Tetapi sayangnya dalam menyediakan energi listrik, Indonesia masih sangat bergantung pada sumber energi yang kotor, tidak ramah lingkungan,  dan tidak terbaharukan seperti: BBM dan batu bara.

BBM dan batu bara sumber merupakan energi kotor karena bahan bakar tersebut menimbulkan polusi yang mampu merusak kesehatan dan lingkungan.

Walaupun sejak lama menyatakan minat pada sumber energi terbaharukan, tetapi tampaknya belum ada langkah yang berarti untuk melaksanakannya. PLTU-PLTU masih menjadi pilihan utama penyediaan listrik di Indonesia karena lebih murah, bahkan rencana pembangunan PLTU-PLTU baru akan terus dilakukan hingga beberapa tahun ke depan.

Indonesia seharusnya lebih peduli lagi pada lingkungan sesuai dengan komitmen yang telah diutarakannya. Indonesia sendiri mempunyai potensi sumber daya energi terbaharukan yang tinggi, diantaranya adalah energi ombak, energi angin lepas pantai dan energi panas bumi. Teknologi pembangkit listrik tenaga ombak dan angin lepas pantai saat ini masih sangat terbatas, hanya beberapa negara maju saja yang telah menggunakannya. Jadi mungkin energi panas bumi dapat menjadi pilihan utama bagi penyediaan listrik di Indonesia.

Menurut Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral, Indonesia diperkirakan memiliki potensi panas bumi sebesar 28.000 MW atau sekitar 35 persen dari potensi dunia sedangkan produksi listrik panas bumi saat ini hanya sebesar 1.189 MW atau peringkat ketiga setelah Amerika Serikat (2.687 MW) dan Filipina (1.968 MW).

Dengan potensi sumber daya energi yang bersih, ramah lingkungan dan terbaharukan yang begitu besar tersebut bukankah lebih baik bila Indonesia dapat memprioritaskan penyediaan energi listriknya ke energi yang bersih, ramah lingkungan dan terbaharukan.

Semoga kelak Indonesia dapat beralih 100% ke sumber daya energi yang bersih, ramah lingkungan dan terbaharukan dan terbebas dari sumber energi yang kotor, tidak ramah lingkungan, dan tidak terbaharukan. Amin.

Posted on September 22, 2010, in On My Thoughts and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: