Pendidikan mengenai lingkungan perlu dilakukan sejak dini


Pendidikan mengenai lingkungan perlu dilakukan sejak dini. Saya merasa, saat ini banyak sekali orang yang tidak peduli terhadap lingkungan. Contoh kecil: saya banyak melihat orang-orang yang membuang sampah sembarangan tak terkecuali anak-anak.

Padahal sampah-sampah bila tidak diperlakukan dengan semestinya dapat mencemari lingkungan dan mengakibatkan berbagai penyakit bahkan dapat menimbulkan bencana seperti banjir.

Sebaliknya, bila kita mampu memperlakukan lingkungan dengan baik maka lingkungan pun akan memberikan timbal balik yang baik untuk kita. Misalnya, bila kita menanam pohon di halaman rumah atau pinggir pohon, pohon tersebut akan memberikan kita keteduhan dan perlindungan dari panasnya sinar matahari. Selain itu pohon yang kita tanam tersebut juga dapat menyaring udara kotor dan memberikan udara yang bersih dan sehat kepada kita. Pohon juga dapat mempercantik dan memperindah lingkungan kita bahkan berbagai jenis pohon tertentu juga dapat menghasilkan makanan yang nikmat bagi kita lewat buah yang mereka hasilkan.

Oleh karena itu pendidikan mengenai lingkungan sangat penting diajarkan sejak dini mulai dari keluarga, sekolah sampai kehidupan bermasyarakat. Sebaiknya Kementrian Pendidikan Nasional mau menambahkan pendidikan lingkungan sebagai salah satu mata pelajaran pokok terutama di pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) sebagai salah satu upaya menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini.

Posted on October 6, 2010, in On My Thoughts and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: