Jerman akan tutup semua PLTN-nya pada 2022


Berita menggembirakan datang dari Jerman kemarin ketika pemerintah Jerman menyatakan akan menutup seluruh pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di negerinya pada tahun 2022. Hal ini merupakan respon dari pemerintah Jerman terhadap krisis nuklir Fukushima di Jepang dan keinginan rakyatnya agar Jerman terbebas dari energi nuklir dan beralih ke energi yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Menteri Lingkungan Jerman, Norbert Rottgen mengatakan bahwa tujuh reaktor nuklir tertua yang sedang ditutup – untuk peninjauan keamanan sesaat setelah krisis nuklir Jepang – tidak akan pernah digunakan kembali. Delapan PLTN – the Kruemmel facility di utara Germany, yang juga sudah ditutup dan sedang mengalami gangguan teknis juga akan ditutup untuk selamanya demi kebaikan. Enam reaktor lainnya akan ditutup paling lambat pada 2021 dan tiga reaktor terbaru akan ditutup pada 2022.

 

So, bila negara semaju Jerman saja berkeinginan untuk menutup seluruh PLTN miliknya apakah pemerintah Indonesia masih akan tetap berencana untuk membangun PLTN di Indonesia?

Posted on May 31, 2011, in Light News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: